Desa Mungli

Kec. Kalitengah
Kab. Lamongan - Jawa Timur

Info
SELAMAT MENYAMBUT HARI ULANG TAHUN REPUBLIK INDONESIA KE-79 | “Nusantara Baru Indonesia Maju"

Artikel

Pengamatan OPT Peserta SL-IPDMIP Desa Mungli 36 HST, Ini Hasilnya!

Administrator

11 Agustus 2022

103 Kali dibuka

Mungli - Sekolah Lapang IPDMIP Desa Mungli sudah memasuki pertemuan yang ke-6, Kali ini dilakukan pengamatan OPT di lahan laboratorium lapang dengan umur padi 36 HST, pengamatan dilakukan hari Kamis (11/8/2022).

Kades Mungli, Sutrisno mengatakan, "Alhamdulillah tahun ini kita dapat kegiatan pelatihan dari Dinas pertanian yaitu SL IPDMIP,  harapannya dengan adanya pelatihan ini mudah-mudahan pengalaman dan pengetahuan dalam berbudidaya pertanian khususnya padi bisa meningkat sehingga produktivitas pertanian bisa maksimal dengan biaya produksi padi seminimal mungkin".

Kades Sutrisno, melanjutkan"Lebih-lebih mulai juli kemarin untuk subsidi pupuk hanya urea dan NPK sehingga dengan adanya pelatihan ini yang di dalamnya ada pelatihan pembuatan pupuk organik dengan harapan di tahun depan kita bisa produksi pupuk organik lagi karena petroganik juga sudah tidak ada subsidi"

"Desa Mungli sudah 2 tahun berjalan, kita menyiapkan agen hayati untuk pengendalian hama dan penyakit, yaitu Beauveria dan Pgpr, sehingga nanti bisa membantu petani yang ada di sini agar tidak hanya mengandalkan  obat-obatan kimia, tapi bisa mengendalikan secara alami," jelasnya.

Dalam pembahasan, Khusnunnisa menyampaikan "dari hasil pengamatan Kelompok 1, dalam 10 rumpun rata-rata WBC 0 ekor, kumbang helm 1 ekor/rumpun dan Tomcat 0,5 ekor/rumpun. Maka dapat disimpulkan masih aman, karena musuh alami lebih banyak dari OPT nya".

"Kelompok 2, ditemukan WBC 0,5 ekor/rumpun, tomcat 0,9 ekor/rumpun, kumbang helm 1 ekor/rumpun dan laba-laba 1 ekor/rumpun. Di kelompok 2 ini juga termasuk masih aman karena  ditemukan musuh alami daripada OPT nya. Sedangkan dikelompok 3 tidak ditemukan OPT, hanya bercak daun" jelas Khusnun.

Di akhir pembahasan, Khusnun memberikan rekomendasi pengendalian untuk lahan laboratorium lapang ini adalah dengan penyemprotan Agens Hayati rutin untuk pengendalian alami dan penyemprotan OPT blast.

Sudarto menegaskan, "Di Desa Mungli sudah disediakan Agens Hayati, saya mohon dimanfaatkan dan disemprotkan di Tanaman padi saat pagi atau sore hari. Kita lakukan pencegahan atau antisipasi dulu dengan Agens Hayati, jangan diikit-dikit disemprot dengan racun atau pestisida".

"Kita juga supaya melakukan pengamatan secara teratur, jangan hanya dilihat dari atas pematang lahan," pinta Sudarto mengakhiri sambutannya.

Form Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Kirim Komentar

Captha
Matematic

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

SUTRISNO, SP, ST,

NASIR

NASIR

Sekretaris Desa

HAIMIN

HAIMIN

Kasi Pelayanan

MOH. TOTOK ARIFIANTO

MOH. TOTOK ARIFIANTO

Kaur Perencanaan

MUHAMMAD IKHWAN ARIF

MUHAMMAD IKHWAN ARIF

Kasi Kesra

SUTIAJI

SUTIAJI

Kaur Keuangan

SUHARTONO

SUHARTONO

Kasi Pemerintahan

KASPAR

KASPAR

Kaur Umum

JASMADI

JASMADI

Kepala Dusun Mungli

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Mungli

Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur

Komentar

Camal

10 Agustus 2022 07:37:29

Luar biasa...

Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini:202
Kemarin:115
Total:41.216
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:18.119.162.49
Browser:Mozilla 5.0

Lokasi Kantor Desa

Latitude:-7.0131397
Longitude:112.3854046

Desa Mungli, Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan - Jawa Timur

Buka Peta

Wilayah Desa