Desa Mungli

Kec. Kalitengah
Kab. Lamongan - Jawa Timur

Info
SELAMAT MENYAMBUT HARI ULANG TAHUN REPUBLIK INDONESIA KE-79 | “Nusantara Baru Indonesia Maju"

Artikel

Kecamatan Kalitengah Berikan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparat Pemerintah Desa, Untuk Perkuat Sinergitas Aparatur Desa

Administrator

08 Oktober 2023

318 Kali dibuka

Semakin meningkatnya kapasitas aparatur pemerintah desa, baik kades, sekdes dan komponen lainnya, maka dapat memperkuat sinergitas dalam proses penyelenggaraan dan pembangunan desa. Bila tanpa kesatupaduan diantara elemen maka gerak langkahnya akan sulit untuk itu harus dibangun semangat kebersamaan.

Demikian disampaikan Ismaun SH,MM. Kabid Pemdes DPMD Lamongan saat membuka Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa se Kecamatan Kalitengah, di Kusuma Agro Hotel and Resort Batu, Jumat (6/10) sore.

”Kesuksesan pelaksanaan seluruh program pembangunan salah satunya adalah terwujudnya pemerintahan yang bersih dan dan berwibawa. Kepala desa beserta jajarannya memegang peranan penting, karena saudara-saudara semua adalah ujung tombak keberhasilan pembangunan,” tuturnya.

Ismaun mengatakan, arah dan kebijakan pembangunan serta penyelenggaraan pemerintahan di semua lini, harus berprinsip pada pola pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa, dengan selalu mengutamakan sikap transparansi dalam bekerja. Agar sasaran pembangunan lebih terarah, apa lagi adanya program Dana Desa yang menjadi tanggung jawab bersama.

”Semua peserta dapat benar-benar mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, demi pembangunan yang lebih baik lagi. Karena mundurnya desa berarti mundurnya pula negara, kesadaran ini penting kita usung dan harus kita miliki kesadaran kolektif ini,” tegasnya.

Ismaun berharap, seluruh aparatur pemerintah desa mampu mendayagunakan segala potensi yang ada di desa, untuk mendukung proses pembangunan desa, termasuk berupaya mengatasi prioritas permasalahan daerah seperti stunting serta kemiskinan ekstrem yang masih ada di Kabupaten Lamongan.

Dia juga mengingatkan, dana desa yang sudah digelontorkan di desa di gunakan dan di manfaatkan secara arif dan bijak, gunakanlah kewenangan yang berpihak pada masyarakat desa, guna mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan desa.

Dalam kesempatan yang sama, H.Nurul Misbah, SH.MM, mengucapkan terim kasih serta apresiasi kepada seluruh Kepala Desa dan perangkat desa di Kecamatan Kalitengah atas terselenggarakannya kegiatan peningkatan kapasitas tersebut. Menurut dia, ini satu-satunya kegiatan dan yang pertama kali diikuti oleh seluruh aparatur desa, mulai dari kepala desa, Sekdes, Kasi, Kaur,dan Kasun secara bersama-sama.

“Kegiatan ini salah satu tujuannya yakni untuk memberikan evaluasi kegiatan pemerintah desa serta memberikan pemahaman serta pemantapan bagi aparat desa akan tugas dan fungsinya,” ungkapnya.

Lanjut Nurul, "Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014, desa diberi kewenangan dan anggaran yang luar biasa, sehingga peningkatan kapasitas aparatur ini merupakan kebutuhan, mengingat tugas perangkat desa dulu dengan sekarang berbeda. Dulu tugasnya hanya seputar mengurusi pajak dan administrasi saja, sekarang perangkat desa harus memahami betul tupoksi dan membantu permasalahan desa,” terangnya.

Sementara itu, Ketua AKD Kecamatan Kalitengah Yuli Kasmawanto,S.IP.M.IP menyampaikan, Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa ini degelar selama 2 hari, 6 sampai 7 Oktober. Alhamdulillah, seluruh perangkat desa sangat antusias.

“Pelatihan di ikuti oleh 20 Desa dengan peserta terdiri dari 20 kepala desa dan 142 perangkat desa,"jelasnya.

Adapun narasumber menurut Supriyo selaku ketua panitia, yakni dari DPMD Lamongan, TAPM Kabupaten Lamongan, serta Dosen Dari Universitas Brawijaya Malang. Selain itu, juga ada diskusi interaktif dari pendamping desa.

Form Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Kirim Komentar

Captha
Matematic

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

SUTRISNO, SP, ST,

NASIR

NASIR

Sekretaris Desa

HAIMIN

HAIMIN

Kasi Pelayanan

MOH. TOTOK ARIFIANTO

MOH. TOTOK ARIFIANTO

Kaur Perencanaan

MUHAMMAD IKHWAN ARIF

MUHAMMAD IKHWAN ARIF

Kasi Kesra

SUTIAJI

SUTIAJI

Kaur Keuangan

SUHARTONO

SUHARTONO

Kasi Pemerintahan

KASPAR

KASPAR

Kaur Umum

JASMADI

JASMADI

Kepala Dusun Mungli

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Mungli

Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur

Komentar

Camal

10 Agustus 2022 07:37:29

Luar biasa...

Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini:71
Kemarin:115
Total:41.085
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:18.224.68.28
Browser:Mozilla 5.0

Lokasi Kantor Desa

Latitude:-7.0131397
Longitude:112.3854046

Desa Mungli, Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan - Jawa Timur

Buka Peta

Wilayah Desa